Jaga Kesehatan Ya Saat Musim Hujan

Akhir tahun hingga menjelang tahun baru cuaca biasanya terasa dingin, hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Meski memang untuk beberapa orang, kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh apa-apa pada tubuh mereka, namun ada pula beberapa orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung ambruk esok harinya. Nah, agar kejadian ini tidak terjadi, yuk ikuti tips beriikut ini :

Selalu bawa payung atau siapkan jas hujan

Jangan lupa ya membawa payung atau jas hujan saat ke mana pun kita pergi. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah kita belum tentu tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi kita terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu atau karena ramalan cuaca yang salah.

Makan makanan sehat

Saat musim hujan, udara lebih dingin dan kita memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Cuci tangan dengan sabun

Banyak diantara kita mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun karena malas. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja kita terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer kapan dan dimana saja.

Minum air putih dan sesekali teh hangat

Seringkali kita lupa minum air putih terutama saat musim hujan, karena udara yang dingin membuat kita merasa lebih segar dan jarang haus. Baik musim kemarau maupun musim hujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Jangan pernah berpikir mengkonsumsi air putih saat kita merasa haus saja. Apabila anda bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, sesekali minum teh hangat juga baik untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika habis kehujanan.

Jaga kebersihan lingkungan

Selain menyegarkan, musim hujan juga rawan sekali penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.